argomino adalah sebuah keunikan dunia perikanan”

9/19/2010

ARGOMINO NEWS




Temu Wicara FSP dan Ngarso Dalem di Pokdakan Agomino

Argomino (19/9/2010)
Gubernur Provinsi DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X Kamis, 16 September 2010 mengadakan kunjungan kerja ke Argomino (Sekretariat Forum Silaturahmi Pokdakan se-Kulonprogo). Dalam kesempatan itu Gubernur berkenan mendengarkan berbagai hal yang berkaitan langsung dengan masyarakat perikanan di Kulonprogo. Hadir dalam acara itu DPPKA, Bapeda DIY, Dinas PU, dan instansi terkait, bupati Kulonprogo Toyo Santoso Dipo beserta jajaran dinas, DPRD, serta masyarakat perikanan yang tergabung dalam FSP yang berjumlah 250 orang lebih.
Salah satu wacana pengembangan perikanan yang direncanakan oleh FSP yakni pengembangan 500 kolam lele maupun gurami guna mengentaskan kemiskinan sekaligus meningkatkan produksi ikan konsumsi di Kulonprogo. Saat ini Kulonprogo merupakan salah satu kabupaten yang telah berkembang pesat dalam sektor perikanan, dan dipandang mempunyai prospek yang sangat baik dalam sektor ini.
Sementara itu, Gubernur mengisyaratkan, masalah permodalan yang menjadi kendala FSP untuk pemberdayaan tersebut tidak masalah, “Itu kan untuk masyarakat Yogyakarta, jadi tidak salah bila ada anggaran yang diberikan oleh Pemprov, sepanjang dimanfaatkan dengan bertanggung jawab”. Lebih lanjut Gubernur mengharapkan, jangan sampai dukungan dana dari pemerintah malahan dimanfaatkan untuk kepentingan lain, sehingga tidak dapat mengentaskan problem kemiskinan.
Kegiatan FSP yang dimotori olah Pak Wagiran dan Pokdakan Argomino ini untuk menciptakan perikanan Kulonprogo dalam satu pintu kegiatan agar masyarakat perikanan lebih diuntungkan, sehingga semua lini tertata, mulai dari perbenihan, pembesaran lele dan gurami, penjualan, dsb. Kegiatan pemberdayaan yang telah dirintis cukup panjang ini akhirnya mendapat apresiasi dari Pemerintah Provinsi DIY dengan hadirnya Gubernur DIY, Sultan Hamengku Buwono X untuk meninjau lokasi dan mendengarkan keluhan dan keinginan pembudidaya ikan. Untuk itu, FSP dan Pokdakan Argomino mengucapkan terima kasih atas langkah konkrit Gubernur dan jajarannya dalam pemberdayaan ini.