argomino adalah sebuah keunikan dunia perikanan”

7/05/2010

"Argomino News"


Selamat Datang Tim Penilai Evaluasi Kinerja Pokdakan Tingkat Nasional

Rabu 14/7/2010, Pelaksanaan Evaluasi Kinerja Pokdakan Tingkat Nasional di Pokdakan "Argomino" tampak hadir Bupati Kulon Progo beserta Wakil Bupati, Ketua DPRD dan Komisi yang membidangi, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Pov. DIY, Kadinas Kepenak Kab. Kulon Progo, Unsur Muspika Kec. Nanggulan, Kelompok Binaan, Mitra usaha, dan dimeriahkan oleh musik Organ Tungal yang Pimpinan Sumardi,SH dari DPRD Kab. Kulon Progo dan kesenian tradisional Jathilan yang dipimpin oleh Suyitno. Suasana dalam acara cukup komunikatif dalam sambutan para Pejabat dan Tim Penilai saling berbalas pantun, Bupati Kulon Progo mengatakan bahwa Pokdakan "Argomino" adalah kelompok yang paling pandai dibidang perikanan diibaratkan banyak profesor di Pokdakan "Argomino". Terakhir pesan dari Tim Penilai supaya semua kompok pembudidaya ikan supaya menerapkan Cara Budidaya Ikan yang Baik (CBIB) dan Cara Perbenihan Ikan yang Baik (CPIB) karena dengan cara itulah kwalitas dan keamanan ikan akan terjamin bagus.
Dalam gambar nampak Wabup H. Mulyono diapit Dewan Penilai, Pimpinan KP4K, jajaran Dis Kepenak, Anggota DPD. dan warga Argomino.
Sementara itu, di luar dugaan dari pengurus Argomino, ternyata penilaian tidak dilaksakan pada tanggal itu saja karena ada kunjungan mendadak dari Satgas Perbenihan dan Tim Penilai dari Kemen Kelautan dan Perikanan, BBAT, dll. pada Kamis siang, 15 Juli 2010. Tim Penilai yang mendadak ini juga menanyakan hal perbenihan secara detail serta kunjung lapangan, seperti di hari lomba. Bahkan alat uji air serta sampling air dilakukan.
Apapun yang ada, bagi kami inilah Argomino. Sesuai visi kami, kami ingin berkembang bersama untuk peningkatan kesejahteraan, atau dengan kata lain ‘pemberdayaan masyarakat’.
Hal yang paling membanggakan bagi Argomino adalah besarnya dukungan dari instansi pemerintah dan masyarakat sekitar seperti di atas. Untuk itu kami ucapkan terimakasih dan penghargaan kepada Yth.:
1. Ka Dislautkan DIY dan rombongan yang telah menghadiri acara tersebut.
2. Bupati Kulonprogo, H. Toyo Santoso Dipo yang terus memberikan motivasi bagi kami.
3. Wabup Kulonprogo, H. Mulyono
4. Ka KP4K Kab. Kulonprogo
5. Ka. Dinas Kepenak/yang Mewakili, Kabid Budidaya Dis Kepenak dan rombongan
6. Camat Nanggulan, Danramil, dan Polsek Nanggulan
7. Segenap PPL
8. Lurah Desa se-Kecamatan Nanggulan
8. Kelompok Binaan
9. Tamu undangan
10. Kesenian Sidodadi
11. Pihak lain yang tidak kami sebutkan yang telah memberikan dukungan.

Dengan segala keterbatasannya, Argomino siap berpartisipasi dan mendukung pemberdayaan masyarakat melalui budidaya perikanan darat, khususnya gurami lahan marginal. Salam.


Kepala Dinas Kelautan & Perikanan DIY dan DPRD DIY berkunjung ke Pokdakan Argomino

Argomino (2/7/10). Kemarin Kepala Dinas Kelautan & Perikanan DIY dan DPRD DIY berkunjung ke Pokdakan Argomino. Keperluan kunjungan tersebut antara lain untuk mempersiapkan lomba pokdakan dan membicarakan rencana kunjungan Gubernur DIY ke Kulon Progo. Saat itu kunjungan Dislautkan disertai Komisi IV bidang Kesra (Pak Nanang dkk).
Seperti yang direncanakan, Gubernur DIY rencananya akan memberikan bantuan pemberdayaan bagi masyarakat di Kulonprogo. Kunjungan diperkirakan paruh akhir bulan ini.
Dalam gambar nampak Kadinas Dislautkan Bapak T. Sugiarto, bersama DPRD DIY. Banyak harapan bagi warga agar pemerintah dapat mengentaskan kemiskinan.

BPTKP/BBI Cangkringan dan Sendangsari hadir di Argomino

Dengok (18/6/2009) Bapak Susilo, Pak Hery, Pak Sunaryo dari BPTKP Cangkringan dan Pak Saryadi (dari BPTKP Sendangsari) berkenan hadir mengunjungi Argomino. Beliau-beliau diterima Mbah Hardi, Pujo, Anto, Rajiyo, dan Yoyok yang sedang nge-pos berbincang-bincang ringan. Pak Yunanto yang juga hadir, ikut mendampingi Yoyok, bertukar pikiran mengenai masalah perbenihan gurami dan lele kolam terpal di lahan kritis. Dalam gambar terlihat Yoyok Argomino sedang menjelaskan perlakuan benih setelah di kolam deder 2. Benih masuk ditebar di kolam itu setelah berumur 25 hari atau sering disebut gabahan atau biji oyong. Survival rate untuk saat ini 80%an, agak menurun dibanding 2 mingguan lalu yang berkisar 90%. Gimana ya kalau yang di penjenengan? Trims.

Bakti Sosial,
Kegiatan sosial dari anggota Pokdakan “Argomino” tidak hanya dalam hal yang berkaitan dengan perikanan tetapi dalam hal kegiatan pembangunan fisik seperti pengerasan jalan, pelebaran jalan batas Pedukuhan Dengok dengan Pedukuhan Tanggulangin dan juga kegiatan pembangunan fisik yang lain, secara rutin diadakan setiap hari Minggu tampak hadir dan sekaligus memimpin pelaksanaan kerja bakti yaitu bapak Surandi (Dukuh Dengok). Tidak ketinggalan peran Ibu-ibu dharma wanita Pokdakan “Argomino” juga ikut dalam kegiatan di Pos Yandu, dalam hal ini Pokdakan “Argomino” telah ikut mendukung program Pemerintah untuk gemar makan ikan dengan membantu atau membagikan ikan lele konsumsi untuk peningkatan gizi balita di Pos Yandu Pedukuhan Dengok.


Penetasan dan Pendederan Gurami Penetasan telur gurami Dalam tahap penetasan sebaiknya menggunakan bak, karena memiliki keunggulan yaitu mudah dikontrol. Pengontrolan yang dimaksud adalah membuang telur yang mati dengan segera, karena menyebabkan kematian atau melemahkan telur yang hidup. Pemeliharaan di bak selama 8-11 hari atau dengan melihat melihat perubahan telur dari warna kuning menjadi kehitam hitaman. Atau setelah ada tanda gerakan dan mulai lincah bergerak dan peka terhadap gerakan tangan.selengkapnya



Kangkung sebagai makanan favorit Gurami tapi juga sebagai obat Pembudidaya ikan tentunya tidak asing lagi dengan tanaman kangkung, tanaman kangkung sahabat petani gurami, kangkung sebagai tanaman favorit gurami ukuran silet sampai dengan ukuran dua jari, karena kandungan nutrisinya yang cukup baik gurami tampak sehat dan lincah..... selengkapnya

ARGOMINO DI PERTEMUAN UPR NASIONAL
Dinas Kelautan dan Perikanan mengadakan kegiatan Pertemuan UPR Divisi II di Hotel Inna Simpang Surabaya, 12 – 14 Agustus 2009. Pertemuan dihadiri oleh berbagai utusan dari Jawa, Bali, Kamlimantan, Sulawesi, dan Nusa Tenggara. Agenda pertemuan meliputi: Kebijakan Perbenihan dalam Mendukung Perbenihan Skala Kecil; Pemberdayaan Perbenihan Skala Kecil; Dinamika kelompok; CPIB; Teknologi Perbenihan Ikan Air Tawar; Teknologi Perbenihan Ikan Air Payau; Teknologi Pengelolaan Induk Unggul. Direktur perbenihan, Ketut Sugama,..... selengkapnya

KOLAM TERPAL
Kolam Ikan dengan menggunakan terpal lebih efektif dan lebih irit Membuat kolam ikan dengan menggunakan terpal adalah langkah yang tepat guna meminimalisir pengeluaran biaya, hanya dengan modal Rp 750.000,- termasuk ongkos gali, kita sudah bisa memiliki kolam seluas 32 m2 (ukuran 4m x 8m) untuk memelihara ikan misalnya gurami, lele nila dll. selengkapnya

Kesehatan
Ginjal merupakan alat untuk menyaring darah sehingga zat-zat sisa-sisa metabolisme yang bersifat racun dan tak berguna dapat dikeluarkan dari dalam tubuh melalui air kencing. Zat-zat tersebut harus dikeluarkan karena dapat mengganggu kesehatan. Selain itu, ginjal juga berperan menjaga keseimbangan air dalam tubuh atau menjaga tekanan osmotik cairan tubuh sehingga perannya sangat penting dalam menjaga kondisi tubuh agar tetap seimbang dan dinamis (homeostasis) atau terciptanya kondisi sehat. kencing tampak berbuih, berwarna kuning dan berbau, merupakan hasil penyaringan cairan darah yang dilakukan oleh ginjal.selengkapnya

Manfaat Buah Pepaya
Masyarakat Australia menyebutnya Paw paw. Dan orang Indonesia mengenalnya dengan nama pepaya. Buah ini tersohor sebagai tanaman obat di berbagai belahan dunia. Khasiatnya bisa dipetik dari hampir seluruh bagian tanaman, namun yang paling sering digunakan adalah buahnya karena mudah didapat dan lezat, serta daunnya untuk makanan gurami usia konsumsi. selengkapnya

Pasca Panen Gurami
Penanganan Pasca panen merupakan tahap terakhir dari rangkaian budidaya gurami. Penanganan pasca panen berhubungan dengan teknik menjual gurami dalam kondisi hidup, segar dan sehat. Dengan sendirinya, juga berhubungan dengan pelayanan pasar dan tingkat kelayakan harga.selengkapnya


Daun Dewa adalah lalapan yang bermanfaat bagi kesehatan kita
Daun dewa tergolong tumbuhan semak yang bisa tumbuh subur dimana saja. Tinggi tumbuhan ini bisa mencapai 40 hingga 50 cm. Permukaan daunnya berambut dengan warna putih. Warna permukaan daun di bagian atas hijau tua, sedangkan di bawahnya berwarna hijau muda. Bunganya terletak di bagian ujung batang, berwarna kuning berbentuk bonggol. Manfaat Daun Dewa : pengobatan luka luar, masuk angin, digigit ular, dan menghilangkan bekuan darah, serta mengobati stroke, kanker payudara.



Pokdakan “Argomino” Mengucapkan Terima kasih kepada Pemerintah Kota Solotigo yang telah berkunjung di Pokdakan “Argomino” pada hari/tgl Rabu, 24 Juni 2009 dalam acara Pembekalan kepada para Pegawai Negeri Sipil yang telah Purna Tugas. Listyo Agung, SH sebagai pimpinan rombongan memberikan saran kepada para Peserta bahwa untuk mencapai hasil usaha yang optimal harus belajar tehnik perikanan dulu secara tekun sebelum melaksanakan budidaya, sebagai penerima tamu dan sekaligus narasumber dari Pokdakan “Argomino” Kyai Komarudin Hardi menyampaikan pesan bahwa belajar budidaya ada tingkatan-tingkatannya, paling tidak untuk mencapai hasil budidaya yang baik harus belajar sampai tingkatan terampil.

Tipes dan Desentri Akut Sembuh dengan Umbi Teratai
Bunga teratai sahabat petani gurami, kolam gurami tampak indah apabila ada tanaman teratai yang sedang berbunga. Kecuali untuk keindahan kolam teratai juga untuk menjaga kondisi kebersihan air kolam. Namun manfaat teratai yang lebih hebat adalah bisa untuk menyembuhkan tipes dan desentri akut kata salah satu orang penderita yang telah lama mengkonsumsi biji bunga teratai yang berhasil dihubungi admin “Argomino”. selengkapnya

Pagelaran wayang kulit semalam suntuk di Joglo Balai Desa Tanjungharjo Selasa, 23 Juni 2009 pukul 21,00 WIB, dengan lakon "Sayembara Jonggring Saloka dan dalang Ki Anom Sucondro", dalam acara Pelantikan Pengurus Gerakan Muda Peduli Tanah Air (Gempita) DPD Kulon Progo demikian keterangan Suparji Carik Desa Tanjungharjo yang dihubungi Admin "Argomino

Kimpul Cocok untuk Penderita Diabetes KIMPUL besar sekali manfaatnya dalam dunia perikanan, batang daun atau lompong (bahasa jawa) dan daunnya sebagai makanan favorit gurami sedangkan kimpul atau umbi talas sebagai bahan makanan tradisional yang cocok untuk penderita diabetes, selengkapnya baca di KR-14/6/2009. ingin download di halaman posting lama.KR-AKSAN SUSANTO 14/6/2009 selengkapnya



Ditemukan teknologi budidaya perikanan dengan merkafa silahkan kunjungi di Pokdakan "Argomino" atau bisa download materi di indexs download dan silahkan mengisi kesan dan pesan di kolom BUKU TAMU sebelah kanan, sifat bebas, waktu tidak terbatas, bisa diskusi dan konsultasi gratiiiiiiis.....
Produksi Ikan Budidaya Meningkat, Bupati Ajak Tingkatkan Konsumsi Makan Ikan KR-1/6/09, Bupati Kulonprogo H Toyo Santoso Dipo mengatakan hal itu ketika membuka lomba masak, lomba cipta menu ikan, dan gerakan makan ikan (gemar ikan) untuk anak-anak SD, di halaman Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan (Dinas Kepenak) baru-baru ini. (cari di KR)

Mengkudu/pace banyak sekali manfaatnya, daunnya dapat digunakan untuk makanan gurami fase konsumsi, sedangkan buahnya banyak sekali kegunaanya baik untuk manusia maupun untuk gurami silahkan download di halaman belakang.selengkapnya

Kamis, 4/6/09, Pokdakan "Argomino" menerima tamu studi banding dari Pulau Dewata Bali. Sumardi, SH anggota DPRD Kabupaten Kulonprogo sebagai penerima tamu dan kyai Qomaruddin Hardi sebagai Instruktur mengucapkan terima kasih atas berkenanya berkunjung dan belajar bersama di Pokdakan "Argomino".