argomino adalah sebuah keunikan dunia perikanan”

8/25/2009

KOLAM TERPAL


Kolam Ikan dengan menggunakan terpal lebih efektif dan lebih irit
Membuat kolam ikan dengan menggunakan terpal adalah langkah yang tepat guna meminimalisir pengeluaran biaya, hanya dengan modal Rp 750.000,- termasuk ongkos gali, kita sudah bisa memiliki kolam seluas 32 m2 (ukuran 4m x 8m) untuk memelihara ikan misalnya gurami, lele nila dll.


CARA MEMBUAT KOLAM IKAN DENGAN TERPAL

Cara mudah membuat kolam ikan dengan biaya yang relative murah dan lebih mudah pengelolaan kwalitas air kolam, di bawah ini cara singkat membuat kolam terpal ukuran 4m x 8m (luas kolam 32 m2) dan kedalaman air + 90 cm

Bahan :
1. Terpal (standar untuk kolam) lebar 6 x 10 m
2. Sekam 3 kubik
3. Batako/bata merah

Cara pembuatan :
1. Cari posisi tanah yang langsung kena sinar matahari, minimal luas tanah 32 m2;
2. Gali tanah dengan luas 32 m2 dengan kedalaman 50 cm;
3. Tanah hasil galian di atas adalah untuk membuat tanggul setinggi 40 cm dan setebal 50 cm, serta tanggul dipadatkan supaya tanggul tersebut kuat serta permukaan tanggul diberi batako/bata merah dengan ketinggian permukaan yang sama agar terpal bisa terendam air semua.
4. Setelah penggalian selesai, selanjutnya dasar kolam diberi sekam stebal 10 cm;
5. Terpal siap di pasang dan diisi air.
6. Di atas terpal di beri batako/bata merah lagi agar aman dan rapi.
dengan ketinggian tanggul lebih tinggi dari pada permukaan tanah di sekeliling kolam maka akan memudahkan pada waktu penyiponan (membersihkan lumpur/kotoran di dasar kolam)


Demikian cara singkat pembuatan kolam dengan menggunakan terpal, konsultasi lebih lanjut silahkan datang di Pokdakan “Argomino”. Lebih jelasnya silahkan download.