argomino adalah sebuah keunikan dunia perikanan”

6/27/2010

LIBUR SEKOLAH, CARI PENGALAMAN DAN UANG SAKU SAMBIL BERBASAH-BASAH


Argomino (28/6). Saat ini adalah liburan panjang bagi anak-anak sekolah. Bagi mereka pada umumnya, ini kesempatan untuk bermain, wisata, nongkrong-nongkrong, atau memperbanyak tidur siang.
Tapi, kita perlu mengingatkan. Dalam kenyataannya, ijazah sekolah yang didapatnya besok (seandainya melanjutkan dan lulus dan bahkan sampai di bangku kuliah) tidak sepenuhnya menjamin masa depannya. Lapangan kerja yang terbatas diantaranya yang menyebabkan hal tersebut. Untuk itu, mereka perlu mengisi liburan ini dengan kegiatan yang positif.
Salah satu kegiatan yang dapat mengisi acara liburan secara positif ditunjukkan beberapa pemuda Dengok, yang kebetulan berminat, mengikuti dan mengamati peluang sektor perikanan yang semakin terbuka dan menjanjikan. Mereka isi liburan dengan mencari pengalaman budidaya perikanan di Pokdakan Argomino. Berbagai kegiatan mereka ikuti, dari mengangkat telur gurami, merawat larva, menangkap benih, mengangkut benih, melakukan sifon kolam, membuat serta memperbaiki kolam terpal, dan sebagainya. Dalam gambar nampak Kamto dan Yoyok sedang membimbing Enos, Mardeq, Janto, dan Yudeq ( Pang tidak nampak) berbasah-basah menangkap benih ukuran jempolan (2 – 4 cm) dan diantarkan ke pemesan. Berakit-rakit ke hulu, bereng-renang kemudian, bersusah dan basah-basah dahulu, berjaya di masa depan. Bagi Argomino sendiri, langkah anak-anak muda ini memberi harapan akan kemungkinan keterjaminan masa depan mereka. Bahkan, jaminan keberlanjutan pokdakannya juga. Salut dan sukses atas kerja keras mereka. contr:pujoargomino.