argomino adalah sebuah keunikan dunia perikanan”

12/27/2010

TIPS


AGAR IKAN TAK BANYAK LUKA

Argomino(27/12/2010). Ini hanya bagi pemula, seperti tips-tips yang lain. Bagi pembudidaya yang mahir, sudah gak perlu ngireken (Jw) ini.

Ketika kita beli ikan gurami, kita harus memberi perlakuan pada ikan kita. Apalagi kita yang membawa sendiri ikan tersebut. Dalam pemindahan ikan, semua ikan akan luka ketika ditangkap, diangkat, ataupun diangkut (Foto:. Jangan matikan mesin!)

Untuk hal angkutan, apabila kita membawa ikan yang kita beli sendiri dan menggunakana sepeda motor atau mobil ada perlakuan khusus.

Selama di atas motor atau mobil gurami akan merasakan getaran yang stabil atau ajeg. Benih ikan gurami ikan akan tenang sekali, ikan diam dan kadang-kadang muncul ke permukaan. Nah, ketika jerigen ikan akan kita turunkan, jangan matikan mesin motor atau mobil kita. Mesin yang mati tiba-tiba, akan merusak irama atau getaran ajeg yang telah nyaman dirasakan ikan. Ikan akan berlari membabi buta. Dalam kepadatan tinggi, ikan besar maupn kecil akan saling bergesekan dan berbenturan. Apalagi gurami besar atau indukan, sisik ikan dengan serta merta akan terlepas. Jika prosentase terlepasnya sisik cukup banyak bisa menimbulkan kematian. Untuk itu, hati-hatilah ketika akan menebar benih ikan.