argomino adalah sebuah keunikan dunia perikanan”

11/03/2010



STUDI BANDING KEDIRI
Argomino (3/11/10). Suatu hal yang menyenangkan bagi Argomino, yang memegang prinsip silaturahmi untuk kesejahteraan bersama, manakala ada kegiatan silaturahmi dan sharing dalam kegiatan perikanan.
Itu pula yang barusan terjadi. Siang tadi, pk. 14.00, posko Argomino di Dengok, Tanjungharjo mendapat kunjungan dari Dinas Pertanian dan Peternakan Kediri Jawa Timur. Rombongan tiba di Yogyakarta, dipandu Staf Perikananan Budidaya Dislautkan DIY, Ibu Non Suprihatin. Rombongan terdiri dari Dinas Pertanian dan Peternakan, Bapeda, PPL, dan pembudidaya ikan. (Foto: ketika sebagian peserta mengamati kolam indukan gurami, dan di depan posko)
Menurut pimpinan rombongan (Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan) Ibu Dewi Sartika, M.M., maksud kunjungan tersebut adalah untuk mengetahui manajemen Argomino, baik intern maupun ekstern. Sebelum dan sesudah paparan, para peserta berkeliling di kolam minakera (mina kebun rakyat ) Argomino. Para peserta mengamati dan bertanya jawab seputar konsep perikanan dengan air sangat terbatas, resirkulasi air, berbagai hal tentang induk gurami, dan sarang telur.
Mbah Hardi dalam paparan di hadapan 40 anggota rombongan tersebut menyampaikan manajemen penjualan satu pintu dan silaturahmi yang terjadi di Argomino dan puluhan kelompok binaannya. Berbagai keuntungan diperoleh melalui silaturahmi dan manajemen satu pintu semacam ini.
Berbagai pertanyaan muncul dalam sesi pemaparan. Salah satu peserta dari BBI menanyakan antibakteri dalam penetasan gurami secara alami yang diterapkan di Argomino. Juga teknis pemberian pakan ketika mulai menetas dan masih berada di bak tetas. Peserta lain menanyakan sistem pengelolaan pengurus hingga terwujud menjadi sebuah kelompok yang solid dalam menerapkan manajemen organisasi dan budidaya. Sekaligus kiat-kiat untuk membenahi pengelolaan pokdakan pada umumnya. Semua pertanyaan dijawab dan dijelaskan secara detil dan terbuka. Itu cukup beralasan karena Argomino meyakini, mereka yang datang adalah calon keluarga besar perikanan, yang akan bersama-sama meningkatkan kesejahteraan pembudidaya ikan.
Pukul 15.00 acara selesai. Lepas dari Argomino, rombongan meluncur ke Pokdakan Patil Gading di Pengasih. Selamat jalan, selamat merajut silaturahmi, dan menyongsong keberhasilan dalam budidaya gurami.